Membuat Bentuk Lambang Love dalam Bahasa C

Setelah cukup lama tidak menulis artikel tentang sourcecode program dalam bahasa C, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita dapat belajar bersama lagi dengan sobat belajar semua dalam hal membuat sourcecode program dalam bahasa C. Sebelum ke sourcecode program dalam bahasa C, bagaimana kabar sobat belajar semua? Tetap semangat bukan.

Oke, oleh Karena sobat belajar semua masih tetap semangat mari kita langsung ke sourcecode program dalam bahasa C. Pada kesempatan kali ini kita akan sama – sama belajar membuat sourcecode dalam bahasa C untuk menampilkan bentuk hati atau

lambang love atau juga dapat disebut bentuk waru. Berikut adalah sourcecode untuk menpilkan bentuk hati atau love atau bentuk waru tersebut dalam bahasa C:

Sourcecode :

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
    int datar,tegak,input,jrak1,jrak2,jrak3,jrak1a,jrak1b,jrak3a,jrak3b,a=1,x=0,y,batas=0;
    printf( “================================\n”
            ”       BENTUK LAMBANG LOVE      \n”
            “================================\n\n”);
    printf(“Masukkan tinggi LOVE: “);scanf(“%d”,&input);
    printf(“\n\n”);
    if(input%2==0)input+=1;
    jrak1=input/4;
    jrak2=input/2;
    jrak3=input*3/4;
    jrak1a=jrak1;
    jrak1b=jrak1+2;
    jrak3a=jrak3;
    jrak3b=jrak3+2;
    for(tegak=1;tegak<=input;tegak++)
    {
        if(tegak>=input/4)
        {
            x=x+1;
            y=input+1-x;
        }
        for(datar=1;datar<=input;datar++)
        {
            if(tegak==1)
            {
                if(datar==jrak1+1||datar==jrak3+1)printf(“*”);
                else printf(” “);
            }
            else if(tegak<(input/4)+1)
            {
                if(jrak1a<1||jrak3a<input/2+1)
                {
                    batas++;
                    jrak1a=1;
                    if(batas==1)jrak3a=input/2+1;
                    else if(batas!=1)jrak3a=1;
                }
                if(jrak1b>(input/2)+1||jrak3b>input)
                {
                    batas++;
                    jrak3b=input;
                    if(batas==1)jrak1b=input/2+1;
                    else if(batas!=1)jrak1b=input;
                }
        if(datar==jrak1a-(jrak1/30)||datar==jrak1b+(jrak1/30)||datar==jrak3a-(jrak1/30)||datar==jrak3b+(jrak1/30))printf(“*”);
        else printf(” “);
            }
             else if(tegak>(input/4))
             {
                    if(x>input/2+1||y<input/2+1)printf(” “);
                    else if(datar==x||datar==y)printf(“*”);
                    else printf(” “);
             }
        }
        jrak1a=jrak1a-a-3;
        jrak1b=jrak1b+a+2;
        jrak3a=jrak3a-a-2;
        jrak3b=jrak3b+a+3;
        a+=1;
        printf(“\n”);
    }
system(“PAUSE”);
return 0;
}

Tampilan:

image

// sobat belajar semua maaf jika tampila bentuk love-nya tidak bisa mulus atau halus🙂

Apabila ada tambahan atau saran sobat belajar bisa menuliskannya  pada komentar  TERIMA KASIH

About arsuwa

aku adalah seorang anak desa dari keluarga petani yang berkeinginan untuk terus belajar dan bercita - cita menjadi seorang programer komputer yang mahir sambil terus berbagi pengalaman .
This entry was posted in Bahasa C, Pemrograman, Pola, Program C and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Membuat Bentuk Lambang Love dalam Bahasa C

  1. Parid Rusdie says:

    KAK kalau buat gabungan gambar persegi sama belah ketupat gimana caranya?
    *
    * * *
    * * * *
    * * *
    *

    • arsuwa says:

      untuk menampilkan pola

      *
      * * *
      * * * *
      * * *
      *

      insyaallah begini sobat sourcecodenya (dalam bahasa C):

      #include
      #include

      int main()
      {
      int datar,datar1,tegak,tinggi;

      printf(“Masukkan nilai tinggi: “);scanf(“%d”,&tinggi);

      for(datar=1;datar<=tinggi;datar++)
      {
      for(tegak=1;tegak=tinggi) // ketentuan untuk mencetak segitiga yang bawah
      {
      for(datar1=tinggi-1;datar1>=1;datar1–)
      {
      for(tegak=datar1;tegak>=1;tegak–)
      {
      printf(“*”);
      }
      printf(“\n”);
      }
      }
      }

      system(“pause”);
      return 0;
      }

  2. membantu tugas kuliah gan😀

  3. kak kalau untuk membuat segitiga seperti ini bagaimana:
    1
    2 6
    3 7 10
    4 8 11 13
    5 9 12 14 15
    tolong ya kak

    • arsuwa says:

      Maaf baru sempat bales insyaallah seperti ini ya….
      Terima Kasih

      #include "stdio.h"
      #include "stdlib.h"

      int main(){

      int baris;
      int kolom;
      int tambah = 0;
      int batas = 5;
      int nilai=0;

      for(baris=1 ; baris<= batas ; baris++){

      for(kolom=0 ; kolom 0) {
      nilai=nilai+tambah;

      printf("%d ",nilai);
      }
      else{
      nilai=baris;
      printf("%d ",nilai);
      }
      nilai=nilai; // untuk mendapatkan nilai yang akan dicetak

      tambah-=1; // untuk mendapatkan nilai penambah yang baru

      }

      tambah = batas;
      printf("\n");
      }

      system("pause");
      return 0;
      }

  4. Contoh Masukan

    akuadalahanakgembaladombagarut

    Contoh Keluaran

    a
    kua
    dalah
    anakgem
    baladomba
    garut

    bentuk segitiga . gimana tuh gan

  5. segitinya bukan gitu tapi segitiga biasa. soalnya gak bisa kalo ngetiknya gitu

  6. ryan boss says:

    mas kalo bikin sper ti yg di bawah ni gmna?
    ***@
    **@0
    *@00
    @000

  7. Rifkye says:

    om kalau mau gambar love bentuk hati gmna om
    saya tidak ngerti dengan bahasa ini om

  8. aulia rahman says:

    udah di kasih contoh kerjakan sendiri hayo

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s